Penelitian Tidur Lebih Berkualitas Dengan Lampu Dimatikan

Penelitian Tidur Lebih Berkualitas Dengan Lampu Dimatikan, Berikut kita simak menurut para pakar ahli tentang tidur yang berkualitas!.
Tidur merupakan salah satu aktivitas yang bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar, lebih sehat dan lebih nyaman. Apalagi, jika tidur ini dilakukan di waktu yang tepat serta cukup. Seperti yang kita tahu, kebanyakan tidur sangat tidak baik buat kebugaran dan kesehatan tubuh. Kekurangan tidur pun seperti itu. Pada dasarnya ada banyak hal yang mempengaruhi tidur seseorang. Untuk salah satu halnya adalah keberadaan cahaya di sekitar tempat tidur atau sekitar rumah. Dikutip dari laman dailymail.co.uk, cahaya lampu bisa berpengaruh terhadap kualitas tidur.
Study yang dilakukan pada 16 ribu orang ditemukan bahwa mereka yang tidur dekat dengan banyak cahaya memiliki kualitas tidur yang buruk. Mereka yang tidur dengan cahaya lampu menyala juga rentan terbangun saat tidur. Hal ini terjadi karena cahaya lampu berpengaruh pada otak seseorang di mana pengaruh ini membuat otak tak bisa tenang selama tidur.
Para peneliti menemukan bahwa mereka yang tinggal di perkotaan dengan banyak lampu memiliki kualitas tidur yang buruk jika dibandingkan dengan mereka yang tinggal di desa dengan cahaya lampu secukupnya. Tak hanya menurunkan kualitas tidur, terpapar oleh cahaya lampu yang berlebihan juga dikatakan bisa membuat tubuh seseorang mudah merasa lelah, rentan terhadap anemia juga rentan terhadap stres.
Peneliti dari Stanford University di California menemukan bahwa orang-orang yang tinggal di kota besar dengan paparan cahaya 4 sampai 6 kali besar dari orang yang tinggal di desa dikatakan memiliki kualitas tidur yang buruk. Mereka yang terpapar cahaya lebih banyak dan terang juga dianggap mudah merasa lelah, lesu dan letih.
Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa cahaya lampu bisa mempengaruhi hormon dalam tubuh, mengganggu kesehatan mata, dan bahkan berisiko meningkatkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Yang lebih mengerikan lagi, wanita yang tidur dengan lampu menyala bisa memiliki risiko kanker payudara lebih tinggi dibandingkan mereka yang memilih gelap atau memakai cahaya remang-remang saat tidur.

0 comments:

Post a Comment