Penyakit Herpes Zoster Gejala dan Komplikasinya

Penyakit Herpes Zoster Gejala dan Komplikasinya >> Penyakit herpes zoster adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus berbahaya yang dapat menular berikut kami bahas tuntas!.
Herpes zozster disebabkan oleh virus Varicella Zoster. Virus ini termasuk virus DNA dan menular. Herpes zoster merupakan reaktivasi virus yang terjadi setelah infeksi varicela (chicken pox). Selama infeksi primer, virus varicela masuk ke dalam ganglion saraf sensoris, lalu menetap (fase laten) selama bertahun-tahun yang disebabkan oleh terbentuknya daya tahan tubuh (CMI spesifik)terhadap virus ini. Reaktivasi timbul apabila terjadi penurunan CMI spesifik tersebut. Penularan umumnya dapat terjadi melalui air borne atau direct contact.Masa inkubasi rata-rata 14 hari (10—23 hari).

Gejala Penyakit Herpes Zoster

Gejala khas herpes zoster adalah nyeri akut segmental. Kadang-kadang, dokter mendapat kesulitan saat mendiagnosa gejala herpes zoster sebelum munculnya kelainan kulit. Oleh karena itu, herpes zoster mudah dikacaukan dengan penyakit nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit sistemik lain.
Gejala kulit hampir selalu unilateral dan terbatas pada da erah yang dipersyarafi. Biasanya, gejalanya dimulai dengan bercak dan bintik-bintik merah, kemudian dalam waktu singkat bintik-bintik merah menjadi gelembung-gelembung berisi air (vesikel). Pada hari ketiga menjadi pustul, selanjutnya pada hari 7—10 mengering, dan kemudian mengelupas.

Komplikasi Penyakit Herpes Zoster

Komplikasi yang sering didapati, NPH (Neuralgie Post Herpetic) nyeri berkepanjangan di daerah dormatom setelah kelainan kulit hilang. Insidensi meningkat seiring de ngan bertambahnya umur. Nyeri dapat digambarkan seperti sakit sekali atau terasa panas, kadang-kadang juga sensitif terhadap sentuhan dan goresan baju yang dipakai penderita.
Untuk informasi pengobatan herpes zoster secara alami, Anda bisa  mengunjungi website obat herpes tradisional di link website obatherpes.dkes.org.
Terimakasih atas kunjungan di website hendra wida dalam artikel informasi penyakit herpes zoster, semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan dapat mengenali gejala awal penyakit herpes zoster.

0 comments:

Post a Comment